Tuesday, July 8, 2014

Tips Lolos Seleksi AFS/YES

Jadi ceritanya gue udah selesai seleksi, udah berangkat menjalani the most awesome year in USA dan udah balik lagi ke rumah tercinta safe and sound sebagai fresh YES Alumni, tapi nggak pernah nulis di blog apapun yang berbau seleksi. Padahal dulu gue kerjaannya googling tentang pengalaman seleksi AFS/YES di blog-blog orang selama dua tahun......................................................................

Ceritanya gue lagi googling tentang beasiswa kuliah di luar dan bacain pengalaman orang-orang yang tes beasiswa itu, terus tring! Tiba-tiba lampu diatas kepala gue nyala. Gue harus membalas jasa orang-orang yang udah nulis blog tentang pengalaman mereka ikut seleksi AFS/YES dan bikin gue punya insight tentang seleksi-seleksinya.

Kalo dulu gue pas jaman seleksi ga berani nulis blog tentang seleksinya karena takut untuk membicarakan mimpi terbesar gue sebagai anak-SMA-pengejar-matahari ke seluruh dunia. Sekarang, berhubung programnya udah selesai, gue akan membicarakan tentang.............

Jeng jeng jeng jeng.................................

Tips lolos seleksi AFS/YES! Yay!

Tips Isi Formulir
Untuk isi formulir, saran gue buat yang belum, mulai aktif di organisasi-organisasi dan timbun prestasi sejak masuk SMA. Terus jaga rapot jangan sampe jeblok-jeblok banget. Dulu gue ikut empat ekskul di kelas X dan di kolom prestasi gue tulis prestasi2 waktu masih SD di bidang tari Bali dan renang. Di kolom minat dan bakat, usahakan supaya organisasi yang kamu ikutin relevan sama minat dan bakat. Kalo gue minat dan bakatnya menulis, organisasinya salah satunya ekskul jurnalistik di sekolah. Itu contohnya. Pokoknya bikin supaya formulir lo itu bersinar tapi yang masuk akal dan real, ga dibuat-buat. Soalnya di tes wawancara, formulir itu bisa jadi senjata untuk melaju ke tahap berikutnya, atau malah jadi senjata makan tuan.

Tips Seleksi Pertama

  • Untuk tes IPU cuma satu saran yang gue punya: baca, baca, baca! Baca semua yang lagi hits yang baru kejadian dalam rentang waktu setahun sebelum tes tahap I. Dari mulai grammy award, natural disaster di Indonesia dan luar negri, sampe politik ekonomi juga. Pertanyaannya juga kadang melenceng dari topik yang kita baca. Misalnya, ada gempa di Depok yang jadi headline nasional. Pertanyaannya, siapa wali kota Depok? Pokoknya random gitu deh kalo IPU, jadi persiapkan aja semuanya.
  • Untuk tes essay, coba latihan bikin essay dalam waktu cepat. Waktu tahun gue, harus bikin essay 1,5 halaman dan dikasih tiga topik yang harus milih salah satu. Kalo dulu waktu gue tes essay, pas banget salah satu temanya tentang kepemimpinan dan gue kebiasa nulis itu untuk essay-essay MOPD. Plus essay MOPD kan lebih banyak dari itu dan bikinnya tengah malam pas udah ngantuk-ngantuk dan capek, jadinya alam bawah sadar gue kayak masih inget gitu *asik* wkwkwk tapi beneran.
  • Untuk tes Bahasa Inggris, ini gampang kok basic banget pertanyaannya. Mudah lah sambil lewat. Asal ngikutin pelajaran bahasa Inggris di sekolah, sambil merem juga bisa ngerjain ini wkwkwk.
Tips Seleksi II
Ini seleksinya wawancara kepribadian dan wawancara bahasa Inggris. Tes wawancara kepribadian itu bobotnya lebih berat daripada wawancara bahasa Inggris, jadi persiapin aja untuk yang kepribadian. 

Tips pertama: Jadi diri sendiri. Klise, tapi beneran. Pingin terlihat menonjol tapi kalo ga masuk akal juga jadi ga meyakinkan. Pertanyaannya itu pertanyaan normal kalo wawancara beasiswa, kenapa mau ikut ini? Kalo udah disana mau ngapain? Kalo udah balik lagi kesini, mau ngapain? Terus waktu wawancara gue, mereka kayak kasih satu kasus dan kita harus cari jalan keluarnya. Kasus gue dulu, kalo di Indonesia ada masalah buruk, gimana cara jelasin ke orang-orang luar. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan itu tergantung si pewawancaranya. Ini juga ada faktor untung-untungnya si anak. Ada yang dapet pewawancara enak, ada juga yang nyebelin. Tergantung rejeki, makanya banyak-banyak berdoa dan minta doa ke orang-orang tersayang 

Tips kedua: Siapin kalo diminta untuk nunjukkin bakat lo. Kalo bakat lo nari, biasanya bakal disuruh nari. Gue disuruh tunjukkin gerakan-gerakan tari Bali dulu. Kalo bakat lo nyanyi, ya sama juga disuruh nyanyi. Kalo bakat lo main biola, bawa biolanya ke tempat seleksi. Pokoknya siapin semuanya sesiap-siapnya. Dulu senjata gue *asik* itu tulisan-tulisan gue di koran yang di kliping. Itu sebenernya bukan kliping gue, tapi ketua ekskul jurnalistik, kak Nuurul, yang sangat rajin mengkliping tiap tulisan anak-anaknya di koran Jurnal Depok. Gatau deh kalo ga ada kak Nuurul, mungkin gue gabisa berdiri disini sekarang *yaaak* wkwk. Terima kasih kak Nuurul :))

Tips Seleksi III
Seleksi ketiga itu tes Dinamika Kelompok. Jadi ada sekitar enam orang di satu tes dan bakal dikasih alat dan bahan yang minim banget. Bakal dikasih juga satu studi kasus dan kita harus bikin sesuatu untuk memecahkan masalah di studi kasus tersebut. Dulu studi kasus gue itu pulau yang jarang air dan moda transportasi untuk kesana minim, jadi kita buat kayak kincir angin yang bisa bikin air tawar dari air laut. Kita bikin kincir anginnya dari poster, selotip, gunting dan spidol aja. Disitu mereka melihat gimana kita bekerja sama dalam satu tim. Saran gue, jangan terlalu mendominasi tapi jangan terlalu pasif juga. Jangan terlalu mendominasi itu maksudnya jangan jadi orang yang selalu ngomong dan malah ga kasih kesempatan yang lain untuk kasih pendapat. Jangan jadi pasif juga karena nanti juri gabisa ngeliat bakat-bakat kepemimpinan kamu. Pokoknya jadi orang yang mendengarkan tapi juga jangan ketinggalan untuk kasih pendapat :)


Nah, itulah rangkaian seleksi chapter! Kalau kamu lolos seleksi III, berkas kamu akan dibawa ke nasional untuk seleksi berkas. Ga semuanya lolos seleksi berkas, jadi seleksi ini ga bisa dianggap mudah. Tapi karena emang seleksi berkas itu yang punya andil cuma juri dan Tuhan Yang Maha Esa, jadi cuma bisa doa aja di tahap ini. 

Beberapa bulan setelahnya akan diumumin apa kamu dapat undangan untuk ikut seleksi YES atau enggak. Kalau dapet, selamat! Karena kamu punya kesempatan untuk dapet program beasiswa gratis dan pengalaman yang nilainya setinggi langit. Tapi kamu harus ikut Seleksi Nasional YES. Gapapa, emang sesuatu yang berarti itu butuh perjuangan ekstra. 

Good luck adek-adek untuk seleksinya. Peluk terus mimpi ini supaya makin dekat dan lebih dekat. Jangan lupa minta restu dari orang-orang yang disayang dan percaya sama diri sendiri. Give yourself a chance cause if you never try, you never know :)

41 comments:

  1. Kak, kalau kita udah kembali dari negara tujuan.. apa kita harus ngulangin, 1 tahun ketinggalan pelajaran kita? atau kita tetap naik ke level yang lebih tinggi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sadrakh. Iya kalau berangkat nanti harus tambah satu tahun lagi di SMA karena kurikulum disana beda dari kurikulum Indonesia. Tapi beneran deh, pengalaman yang di dapet jauuuh lebih baik kalau pengorbanannya 'cuma' nambah satu tahun di SMA :) hope that helps. Luh

      Delete
    2. Kak mau nanya nih, kita kebetulan hobi dan bakatnya sama nih hehehe nah i was wondering kalo sebagai bukti skill nulis aku bisa bawa hasil essay essay kerjaan di sekolah karna aku cuma pernah ngepublish satu articlr buat school magazine

      Delete
    3. kayak dari notebook gitu supaya nunjukkin progresi bakat(?)

      Delete
  2. Selamat malam kak, kak aku boleh minta email nya ga kak? aku mau tau pengalaman kakak tentang AFS dan aku juga mau tau banyak tentang AFS, kebetulan tadi juga ada sosialisai AFS disekolahku. AFS aku udah sering search dr dulu kak, cuma belum open pendaftaran. Nah, sekarang aku baca open pendaftaran 1 maret-13 april buat keberangkatan 2016 kak. Tapi banyak hal yang masih aku bingungin kak karna keterbatasan informasi, soalnya aku sekarang juga boarding school kak. Thanks for ur help, i'll be waiting for ur answer, wish u answer this soon. I'm fifah from Jambi.

    ReplyDelete
  3. Kak, bisa minta id line nya gak kak? Aku kepengen banget lolos seleksi afs kak tapi ya yitu masih kurang informasi dan english levelnya not so good juga. Aku bisa kalau listening, tapi kalau speaking susah bgt kak. Jadi pengen nanya banyak kak. Orang tua aku juga gak punya cukup buat exchange student yang bayar gitu kak. Maaf ya kak sebelumnya banyak nanya hehe. Makasih sebelumnya loh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jihan,

      Email kamu apa? Biar aku kirim id line lewat email :)

      Luh

      Delete
  4. Halo kak nama aku nia. Aku dari dulu udah baca tentang program afs dan aku berminat buat ikut programnya. Tapi aku masih bingung sama tahapannya kak. Aku mau nanya seputar afs lewat line boleh? Kalo boleh aku mau minta id kakak. Terimakasih sebelumnya:) btw salam kenal kak

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. kk hal apa yang sering membuat orang gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahmat,

      Kalah sebelum berperang itu hal yg paling sering jadi alasan kegagalan. Jadi jangan takut untuk berjuang dan percaya sama diri sendiri.

      Luh

      Delete
  8. wah artikelnya bagus banget kak, pengen banget kayak kakak doain aku bisa kayak kakak ya tahun ini soalnya aku nyobak kak:) ohya boleh tanya tanya kan kak via e-mail?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Makasih udah mampir blogku :) Boleh banget! Ditunggu emailnya :) -Luh

      Delete
    2. ka boleh minta id line nya ? soalnya bulan ini aku tes afs nihh,, doain ya ka semoga berhasil . aku juga mau sharing gtu soal ini . boleh kn ya ka

      Delete
  9. Halo kakak....aku udah ngirim pesan ke email kakak....jawabannya kakak ditunggu lho..maksih sebelumnya kak..:)

    ReplyDelete
  10. Halo kak.

    Artikelnya menarik dan bermanfaat sekali :)
    Mau tanya kak, kalo misal berkas-berkas yang dikumpul semisalnya rapor yang kurang lengkap, itu bakal ngaruh ya kak?
    Seriously, aku stress banget kak, karena rapor sd ku hilang. Aku sebelumnya pakai rapor madrasahku yang gak lengkap/kurang jelas. Hehe maaf ya kak jadi curhat.
    Aku tunggu reply dari kakak.

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. kak, apa tes ini mengharuskan nilai-nilai SMP & SMA harus bagus? Soalnya nilai@ saya gak terlalu bagus kak

    ReplyDelete
  12. Hai kak, makasih informasinyaa hehe berguna banget..
    Bdw apa cuman anak kelas X aja yang bisa daftar ikutan afs/yes kak?

    ReplyDelete
  13. Hai kak, makasih informasinyaa hehe berguna banget..
    Bdw apa cuman anak kelas X aja yang bisa daftar ikutan afs/yes kak?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Kak, kalo AFS ada seleksi nasionalnya juga?

    ReplyDelete
  16. kak,tes di AFS itu tahap pertamanya gimana?cara ikut tesnya itu ntar kemana dlu daftarnya?
    trus semua tesnya pake bahasa inggris ya?termasuk yang kakak critain di atas yang interview seleksi thap 1..?

    ReplyDelete
  17. kak tolong kirim email ke aku dong @nanditaajeng,AN@gmail.com

    ReplyDelete
  18. kk syarat umurnya tu kan sampai 1 agustus 2000. tapi umur tanggal lahir saya 20 agustus 2000. kira kira lulus gak kk?

    ReplyDelete
  19. kk syarat umurnya tu kan sampai 1 agustus 2000. tapi umur tanggal lahir saya 20 agustus 2000. kira kira lulus gak kk?

    ReplyDelete
  20. kk kan saya mau daftar
    lah cara dapat persetujuan sama rekomendasi sekolah itu gimana

    ReplyDelete
  21. haloooo kak, aku kan mau ikut nih, dulu pas kaka pendaftaran berkas berkas yang harus dikumpul tuh apaaa ajaa kak? makasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. hai kak :) maaf komen sblumnya salah pertanyaan kak heheh ,jdi aku mau nnya ttg tesnya kak , ntr pas di seleksinya itu juri jurinya selalu ngamatin kita masing masing ya kak? trs cara biar gak nervous pas seleksinya tuh gimana sih kak ? hal yg sering aku alamin di dpn umum itu nervous kak,

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. kalau tahap2 contoh wawancaranya gmn kak?

    ReplyDelete
  26. Thanks kak buat tipsnya :D Jadi ada bayangan buat seleksi tahap 3

    ReplyDelete
  27. Thanks kak buat tipsnya :D Jadi ada bayangan buat seleksi tahap 3

    ReplyDelete
  28. Halo kak, saya mau tanya, ada gak teman kakak yang waktu daftar gak punya riwayat prestasi gitu tapi tetap terseleksi? Kalau ada, teman kakak lebihnya dimana ya? Terimakasih mohon dijawab kak

    ReplyDelete
  29. Terima kasih utk info dan tipsnya, impian saya bs lolos program YES, apa bs minta id line atau email kakak?

    ReplyDelete
  30. sebelumnya terima kasih banyak kak sangat membantu informasinya! boleh tanya-tanya lebih jauh lagi gak? kalau boleh, minta id linenya kakak ya. kirim ke email aku aja karlinda124@gmail.com thanks a lot^^

    ReplyDelete
  31. Kak, menurut kakak, bagus AFS atau YFU?

    ReplyDelete
  32. Makasih kak sarannya sangat membantuu :D , ka boleh minta id line atau alamat email nya ?? mau nanya nanya nih ka .. terima kasihh

    ReplyDelete
  33. Kak, aku udah lama nih pengen ikut AFS. Bisa minta email atau id line kakak gak? Aku masih pengen nanya nanya tentang AFS

    ReplyDelete