Monday, December 24, 2012

pieces of December

  • Main terussss sama 32cm

xevenovica, selalu xevenovica

  • Ibu: "Mbak Ninis sekarang udah jadi mbak-mbak. Sebentar lagi 17 tahun..."
  • Kedapetan banyak jobdesc. Dikasih tanggungjawab jadi PJ Dana ANGKASA (lomba paskib pertama smansa), PJ Opening Act untuk hari-h AKSI 36 Alteration dan PJ foto kelas untuk buku tahunan 34 Cakrawala.
  • Gue terpilih jadi anggota BLITZ di AKSI 36 Alteration!
  • Gigi gue udah lurus yeyyyyy! Walaupun belum rapi banget
  • Masih dalam perjalanan mengejar matahari. Yang baru gue sadari adalah, perjalanan ini akan terus berlanjut dan belum akan selesai. Selama gue masih punya mimpi, matahari itu akan terus gue kejar



Sunday, December 23, 2012

say what you need to say: si aa

Salah satu kelemahan gue adalah: gampang mengidolakan seseorang, terutama yang punya 'sesuatu' di dirinya. Kelemahan lain yang mendukung kelemahan pertama: amat sangat penasaran.

Jadi ada satu orang, sebut aja aa. Aa dalam arti panggilan kakak laki-laki dalam bahasa Sunda. Aa itu kakaknya Danang dan Danar, yang mana teman kelas X-nya Ninis dan Raras di Xevenovica dan Reflexive ninis lo lagi ngomong apa sih.

Sebenernya panggilannya bukan aa, itu gue yang bikin sendiri. Itu semua berawal gara2 baik danang maupun danar manggil aa dengan nama langsung tanpa embel2 gelar sebagaimana layaknya orang Indonesia memanggil orang yang lebih tua. Kan ngga mungkin gue manggilnya kayak gitu, jadi gue bikin panggilan sendiri deh. Kenapa aa? Kenapa ngga akang? Atau mas? Atau kang mas? Gue juga ngga tau sih wekekek. Pokoknya sejak saat itu, dia populer dengan sebutan 'aa' di xevenovica, dan danang dan danar pun kebawa manggil aa kalo kita lagi ngobrol wahahahahaha.

Walaupun ini sangat sesat, tapi cita-cita gue begitu ada pengumuman gue lulus seleksi berkas nasional itu satu: ketemu dan foto bareng aa pake jaket xevenovica depan patung liberty.

Terus sejak itu, gue jadi tau tentang aa lebih jauh, terima kasih berkat radar ke-kepo-an gue yang tinggi yang-kadang-sangat-menyusahkan-ini. Gue bahkan udah nonton video salju pertamanya dia di Amerika, majalah yang bikin dia jadi cover boy pas SMP karena dapet medali emas OSN Biologi, bahkan foto aa waktu masih TK pun sempet mejeng di meja belajar gue selama beberapa hari -__________________-

Oiya, kenapa gue sangat mengidolakan Aa sampe bikin posting khusus dia? (by the way, belum ada idola gue yang bisa bikin gue nulis tentang dia di blog, kecuali satu orang pas SMP dan itu masih jaman bento which is jaman jahiliyah). Karenaaaaa tet teret tereet: dia adalah kakak laki2 temen cowok gue. Loh, sesat sesat. Yang bener adalah karena aa ini returnee YES 2009/2010 lochhh. Orang yang pernah dapet YES yang paling deket ke gue. Sebelumnya kan gue kenal para partisipan YES karena sok kenal di facebook selama beberapa tahun. Jadi semacam related gitu kan ke gue  kekekek~ alasan.

Gue juga tau keberadaan aa itu karena waktu kelas X, secara ngga sengaja isi flashdisk-nya Danang terpampang di layar proyektor depan kelas, dan dengan agungnya, folder bernama 'Essay AFS' jadi folder pertama disitu. Pas itu AFS belum buka pendaftaran. Begitu gue ngomong, 'DANANG! Kok itu..........!?!?!?!?!', Nindy langsung nyeletuk 'Yah, langsung dikejar nih sama ninis. Hati2, nang....' .................... yaampun Nindy kok so sweet banget yah even back then when we hadn't known each other long enough. Gue baru nyadar lagi hahahahah. 

Yah singkat cerita, gue jadi update perkembangan terkini dari aa deh. Dari jadwal skype dia sama keluarga di Indonesia, mata kuliah yang akhirnya dia dalamin sampe pacar2nya yang baru dia putusin. Ngga ngga, yang terakhir ngarang.

Pengalaman gue yang paling deket sama aa adalah hampir skype-ing sama dia. Jadi ceritanya waktu itu abis UTS, gue ngerengek2 mau skype sama aa. Terus danang bilang,

Danang   : 'Palingan lagi off. Disana kan udah malem. Beda 12 jam sama Indonesia'
Ninis       : 'Coba dulu lah nang. Siapa tau ada keajaiban'

Dan begitu danang log in skype-nya............... teng tereng terenggggg aa online! Gue tuh ada kali lompat dari kursi saking kagetnya. Dan sumpah ngga boong, pas itu gue langsung deg2an -,- 

Tapi ngga segampang itu... Danang minta waktu buat chat dulu sama dia, terus bilang...

Danang  : 'Gue bilang ke dia 'temen gue yang afs pingin ngobrol sama lo' aja ya?'
Ninis      : 'Ngga mau!!!! Gue ngga mau ngobrol sama aa karena afs!'
Danang  : 'Terus apa dong? Pasti dia ngga mau'

Pokoknya debat2 ngga penting deh, sampai akhirnya aa mengeluarkan keputusan final di chatbox skype-nya: 'Gue lagi sibuk' aaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrggggggggggggggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh. Padahal di chat atas2 itu, aa bilang ke danang kalo dia lagi waktu kosong untuk skype. Rasanya pas itu hati gue langsung mencelos tau gakkk. Terus aa nyuruh gue chatting di fb aja. Tapi, me being me, fbnya aa ngga gue add dan twitternya aa ngga gue follow. Sampe sekarang.

Yah, intinya, saat itu aa menolak dan tamat sampai disitu deh harapan gue untuk skype sama aa.

Terus berita terbaru dari aa saat ini adalah: aa lagi di Indonesia sekarang. Kedatangannya kontroversial banget. Dia ngga ngasih tau siapa2 tentang kabar kepulangannya, bahkan keluarganya aja ngga tau. Tiba2 tengah malem dia udah ada di depan pintu rumah di Depok aja. Gue juga kaget bangetlah pas denger cerita itu paginya. Bahkan gue punya fotonya aa pas baru beberapa jam dia di Depok -_- zzzzzt banget kan? Kayaknya gue emang kelebihan informasi deh.

Walaupun sekarang jarak antara gue dan aa kurang dari lima km, bukan ribuan mil jauhnya dan ngga terpisah benua dan samudera lagi, tapi tetep aja ngga ketemu juga. Yaudah gapapa, kalo emang dijodohkan untuk ketemu, biar waktu yang mempertemukan kita :)

Kalo di chat xevenovica sih ya, skenario pertemuan gue sama aa itu gini:

Jadi gue lagi orientasi di Washington DC, nah aa jadi volunteer disitu. Tapi ceritanya ngga ketemu tuh siang2. Begitu malamnya, gue lagi kangen banget sama keluarga gue. Pergilah gue ke dapur, dan menemukan coklat, yang selalu jadi senjata ampuh kalo gue lagi gundah gulana. Ehh, ternyata eh ternyata, coklat itu punyanya aa dari pacarnya yang baru dia putusin sebelum berangkat dari Connecticut. Akhirnya di dapur tengah malam di Wahington DC, mimpi gue untuk ngobrol sama aa tercapai :') wkwkwk.

Kalau suatu saat, entah kapan, aa baca posting ini, semoga aa sama gue udah pernah ngobrol ya :'3

YES YES YES!


'Tunjukkan kenapa mereka harus terima kamu. Because you have something in you, that make you special' -Bapak, H-1 seleksi YES

'Bilang pada dirimu sendiri: 'I am somebody'' -Kak Asmir, saat sambutan seleksi YES

'I am a valuable person because I am somebody and I have something' -Ninis, saat interview seleksi YES mempresentasikan 'I am a valuable person'

-------------------------------------------------------------------------------

Posting blog tengah malam H-beberapa jam keberangkatan untuk ikut seleksi YES, yang akhirnya berakhir jadi draft karena takut untuk di publish:


You already get to this point. One step. One step closer to the gate of your biggest teenage dream.

Tiga tahun ini cuma denger kata 'Wisma Handayani' dari blog-blog kandidat atau anak2 yang berangkat. Tapi besok, besok, gue bakal tinggal disana selama tiga hari.

Tiga hari untuk selamanya.

Tuhan, lapangkanlah dadaku. Apapun yang akan terjadi, dan apapun hasilnya nanti.

Stay strong, Ninis.

--------------------------------------------------------------------------------------

Minggu lalu pengumuman YES udah keluar, dan syukur syukur Tuhan, gue lolos :)

Perjalanannya masih panjang. Masih ada 7 bulan lagi untuk proses. Dan gue sedang, masih dan akan terus berjuang.



Friday, December 14, 2012

Xevenovica (lagi)


Jalan sama xevenovica itu kayak revitalisasi diri.

Kemaren abis UAS, xevenovica traktiran di pizza hut DTC. Uang traktirannya itu dari sumbangan anak2 yang menang lomba, yang lagi ulang tahun, dari para leader, dan sumbangan2 lainnya sehingga terkumpul 800rb!! Yeyyy. Sebenernya pas di DTC ngga gitu kerasa bareng xeve nya. Abis cowok sama cewek mejanya dipisah gara2 ngga muat. Tapiiii, pulang dari DTC, kita main ke rumah Azka dan disana ituuuuu <3 bareng2="bareng2" emang="emang" kalo="kalo" kehabisan="kehabisan" ngga="ngga" p="p" pernah="pernah" rasa="rasa" sama="sama" xevenovica.="xevenovica.">
Nonton film, seperti biasa, film horror. Dan seperti biasa juga, gue selalu ngelakuin hal lain kalo xeve lagi nonton film serem. Itu bedanya Uber (kelas gue xi is 1) sama xevenovica. Mungkin karena di Uber mayoritas perempuan, tontonannya tuh macem ayat-ayat cinta, dealova, dll. Itu jenis film2 yang gue tonton. Tapiii lama ngga nonton bareng xevenovica, kenaren baru ngerasa kangennyaaa. Ngga papa deh nonton horror juga asal bareng kalian <3 br="br" nbsp="nbsp"> Yang paling seru pas di rumah azka tuh sesi main Kineck-nya wkwkwk. Hebohhhhh pisan. Home theatre nya azka langsung berubah jadi ruang sauna wekekek.

Nah, besoknya yang mana hari ini, gue renang di kolam renang DTC. Oiya, posting ini gue tujukan untuk Izmi yang nungguin kengaretan gue lama di ujung jalan juanda karena gue mau nebeng ke DTC. Makasih miiiii :D

Terus pas udah selesai renang, farrah ngajak nonton 5cm di plaza depok. Mau nyobain bioskopnya pd yang katanya udah bagussss. Lebih murah pula. Margo sekarang mahalnyaaaaa bikin dompet jebol.

Rencananya abis cowok2 jumatan, ngumpul di smansa terus caw ke pd. Tapi kan gue males pulang dulu karena seperti yang sudah diketahui, rumah gue nan jauh di mato. Plus rencana bikin proposal di rumah damar juga ngga jadi. Akhirnya gue nebeng di rumah nindy dulu deh. Selesai renang, langsung kesana setelah ngambil hape gue yang ketinggalan di rumahnya azka.

Sebenernya inti ke rumah nindy itu untuk tidur siang wkwkwk. Setelah curhat2 ke nindy (dan gue seneeeeeeng banget akhirnya punya quality time yang lama dan bebas cuma berdua sama nindyyyy <3 2="2" cuss="cuss" dan="dan" jam="jam" ke="ke" langsung="langsung" p="p" pd.="pd." siang="siang" tidur="tidur">
Menurut gue 5 cm ngga sefantastis yang orang2 bilang. Jalan ceritanya emang bagusssssss, gue akuin. Tapi pas itu dituangin ke film, ngga begitu sensasional lagi. Awal film jalannya terlalu lama dan kalimat2 pemerannya kadang terlalu novel. Walaupun ke'novel'an filmnya ngga separah perahu kertas sih. Tapi endingnya 5 cmmmm, itu keren banget. Pas bagian endingnya yang menurut gue keren -_-

Story of the day adalah radifan yang salah tempat hahahah. Jadi kan radifan nyusul. Terus dia ngabarin udah di studio 3 tempat kita nonton, tapi kita ngga ngeliat orangnya. Dia sempet ngomong 'filmnya yang ada dalih2nya kan? Yang ada nirina zubir?'. Pas gue telpon....... Ternyata radifan lagi di bioskop detosss *badam tsss*. Lalu radifan pun marah2 huhuhu maafin ya fan :(( tapi akhirnya radifan nyusulin kita pas di tengah2 film.

Terus radifan cerita, dia tuh udah masuk studio, udah duduk di deretan bangku J, tapi ngga ketemu kita. Dia sadar salah karena film yang diputar di depan dia adalah bidadari-bidadari dari surga-___________- kebayang ngga sih ketawanya kita kayak apa wkwkwk.

Gue seneeeeeng banget bisa jalan bareng kalian lagiiiiiiiii. Rasanya segala capek lahir batin tuh langsung disiram air dingin. Segerrrr seneng gembiraaa :D :D :D

Sunday, December 2, 2012

Seleksi YES Nasional


Waktu lo dicabut dari kehidupan nyata dan menjalankan karantina tanpa alat elektronik dan komunikasi dunia luar yang dipotong sama sekali. Waktu lo ditaruh di satu tempat bersama orang2 baru dan jalanin 3 hari bareng mereka.

Waktu lo merasa, ini puncak dari proses2 meraih mimpi yang udah dilakukan beberapa saat terakhir.

Waktu lo merasa, saat briefing hari pertama yang tegang, mereka lawan lo. Tapi begitu sesi dinamika kelompok kedua jam 7 malam di hari pertama itu, mereka langsung berubah jadi kawan. Kawan seperjuangan.

Saat memandang jendela keluar di pagi hari. Melihat kandidat lain berjalan sepanjang lorong di gedung sebelah. Rasanya ada kupu-kupu di perut.

Saat duduk di jendela malam hari bareng teman2 satu kamar dari berbagai kota...

Obrolan larut malam sama teman2 sekamar. Waktu kata, 'Aku pasrah sama apapun hasilnya' itu ditimpali dengan anggukan oleh semua anak.

Berkumpul sama orang-orang hebat. Berkumpul sama para calon pemimpin. Banyak belajar dan berbagi bareng mereka.

Waktu cerita bareng Gita di kafetaria....

Gue masih mengejar matahari.