Sunday, April 8, 2012

pepala naik mesin waktu di pulau seribu

Apa yang ada di kepala kalo denger kata kepulauan seribu? Snorkeling? Pulau2 kotor karena dekat dengan jakarta? Atau ngga ada yang terlintas sama sekali? Hehehe. Beberapa minggu yang lalu gue akhirnya berkesempatan mengunjungi pulau seribu bareng pepala (ekskul pecinta alamnya smansa). Dari dulu sering banget bikin rencana ke pulau seribu, terutama ke pulau pari. Tapi rencana tinggal rencana....

Nah, tapi rencana bareng pepala berjalan mulus! Gue berhasil sampe di pulau2 bersejarah di kepulauan seribu yang dilupakan, yaitu Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Pulau2 itu dulunya pernah ditinggali para Belanda dan pribumi. Entah kenapa gue juga sebelumnya ngga pernah denger tentang ketiga pulau itu sama sekali, bener2 pulau yang dilupakan.

Gue berangkat sama Sabi, Mariska, Kak Nia, Kak Dela, Kak Okta terus juga sama alumni pepala, kak pai. Nah, kak pai bawa 3 temennya juga. Pertama ngumpul di ruang tunggu terminal jam 5 pagi. Terus kita naik Bis Patas AC ke jembatan cengkareng. Dari jembatan cengkareng, kita naik omprengan ke Muara Kamal. Demi deh, itu pertama kalinya gue ngeliat dan naik omprengan. Gue nanya2 terus kan ini apa, trayeknya gimana. Norak banget, sampe temennya kak pai bilang gini, "lo harus sering2 keluar" wkwkwk. Dulu sering denger ada 'omprengan', tapi dalam pikiran gue omprengan itu semacam angkot atau bemo. Ternyata itu adalah mobil carry yang bisa kemana aja sesuai tujuan penumpang, jadi ngga ada trayek. Tapi omprengan itu bakal jalan kalo mobil itu udah penuh penumpang yang punya tujuan yang sama.

Lanjutt, sesampainya di muara kamal, kita masuk ke satu rumah yang ngatur perjalanan kita, jadi semacam travel tapi versi murah gitu. Ternyata ada banyak yang ikut. Kita semua dibagi jadi 3 kloter, kloter gue namanya Kloter Hore wkwkwk ngga tau siapa yang buat.

Pertama masuk kapal sih, gue cuma bisa tercengang. Lo tau, air laut di pelabuhan itu HITAM, sehitam-hitamnya kopi pekat hitam. Dan baunya juga sumpah ngga nahaannnn. Lautnya itu penuh dengan sampah dan sekelilingnya rumah-rumah kumuh. Gue ngerti sekarang kenapa ibu gue ngga setuju dulu waktu SMP gue berencana buat main ke daerah jakarta utara bareng temen2 gue. Kata ibu gue tingkat kejahatan disana tinggi karena kualitas hidupnya rendah. Well, gue udah SMA sekarang dan gue bisa ngerti itu.



Tujuan pertama adalah Pulau Kelor. Sesuai dengan namanya, Pulau Kelor ini emang cuma selebar daun kelor. Cuma butuh waktu 15 menit buat mengelilingi pulau. Pulau ini dikelilingi oleh pemecah ombak kecil2 yang lucuuuu banget kalo difoto :3 diujung sebelah barat pulau ada benteng, namanya Benteng Martello. Benteng ini kecil, tapi kalo lo naik ke salah satu jendela tingginya, lo bisa ngeliat sampe pulau bidadari di ujung tenggara. Sayang, lautnya kotor sama sampah plastik. Kata guidenya, itu sampah bawaan dari Jakarta. Padahal sebenernya pulai ini cantiiiik deh.



kak paii





sebelum caw dari pulau kelor

Selanjutnya kita ke Pulau Cipir. Pulau itu penuh dengan bangunan-bangunan tua peninggalan jaman Belanda. Dulunya sebagai tempat karantina haji. Jadi dulu kan kalo berangkat haji sampe berbulan-bulan ya naik kapal, nah sebelum mereka berangkat, calon haji di karantina dulu. Konon katanya, itu sebenernya alibi Belanda aja untuk mengkarantina. Padahal sebenernya mereka menjatuhkan vonis sakit itu supaya orang pribumi ngga bisa pergi, soalnya biasanya orang2 yang baru pulang dari Tanah Suci itu punya pikiran untuk merdeka dan melawan Belanda



  




Pulau terakhir di kunjungan itu adalah Pulau Onrust. Pulau itu isinya sama aja kayak di Cipir, bangunan2 karantina haji. Tapi di pulau ini, bangunan2nya cuma tinggal fondasi. Dinding2nya udah runtuh kena gempa dan dimakan waktu. Di pulau ini, wisata sejarahnya lebih kerasa. Ada Museum Onrust dimana barang2 peninggalan jaman dulu, dan fakta2 tentang jaman pendudukan Belanda di Onrust ditampilkan.


ngeliat makam Maria

warna-warni peserta tour


Setelah seharian wisata sejarah, akhirnya kita pulaaaanggg. Dan gue...... ketagihan! Gue search tour-nya kan, namanya SMARTrip Adventure. Dan itu nawarin paket2 kayak ke Krakatau, Pangandaran, Bromo, dll dalam harga yang termasuk murah. Buka page facebooknya, liat foto2nya, dan MUPEEENGGGG. Gue ngga sabar menanti perjalanan pepala selanjutnya!

Caw!

No comments:

Post a Comment