Monday, May 30, 2011

Jika Saya Menjadi Menteri Perhubungan

           Hal yang akan saya lakukan jika menjadi Menteri Perhubungan diantaranya memperbaiki maskot pariwisata Indonesia, Bali. Bali terkenal dengan kebudayaannya. Tetapi, sarana umum di Bali kurang menunjang pulau itu sebagai tempat plesir. Contoh nyatanya adalah ketiadaan angkutan umum sehingga turis harus menyewa kendaraan untuk bepergian dan menyebabkan kemacetan.
          Maka dari itu bagian dari program saya adalah membangun transportasi umum di Bali. Saya akan mengadakan proyek monorail kecil seperti di Taman Mini Indonesia Indah. Dimulai di Bandara Internasional Ngurah Rai menghubungkan ke berbagai tempat terkenal seperti Ubud, Denpasar, Kuta dan lain-lain. Diharapkan dengan pembangunan itu, turis-turis menjadi lebih mudah dan nyaman plesiran sekaligus mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.
         Hal lain yang tidak kalah penting adalah infrastruktur jalan. Seperti trotoar yang seharusnya menjadi bagian penting dalam pariwisata tetapi seringnya diabaikan. Trotoar di Bali banyak yang rusak padahal dimana lagi turis bisa berjalan-jalan dan menikmati Bali jika tempat untuk berjalan saja tidak ada?
        Tentunya perbaikan trotoar dan jalan juga dibarengi dengan pembetulan drainase. Setelah hujan pasti banyak ditemukan genangan air yang mendekati banjir. Tentu itu bukan pemandangan yang ingin dilihat para pelancong. Drainase akan diperbaiki sehingga keindahan juga keteraturan pengairan sejalan.
         Dari Bali, program ini juga akan diterapkan ke daerah penting lain seperti Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, dan Medan. Diharapkan dengan adanya program ini turis merasa nyaman dan kembali lagi sehingga meningkatkan devisa untuk negara.

No comments:

Post a Comment